WELCOME


counters

Sabtu, 17 Mei 2014



TRIK SHOLAT KHUSYUK
Bismillah.... salam sejahtra buat saudara semua. Allah slalu beserta kita.

disini saya membahas tentang bagaimana kah yg dinamakan sholat yg kusuk itu!
tentang sholat khusuk pendapat mereka berbeda2.
diantaranya pendapat orang torekot berkata kepada saya bahwa kita di haruskan mengingat Allah saja tidak boleh mengingat yg lain jika kamu masi mengingat dan membayangkan yg lain itu pertanda sholat kamu belum dinamakan khusuk. Tapi setela kucoba sholat untuk mengingat Allah saja ternyata tidak bisa, tetap hayalan atau suara hati muncul dg sendirinya tidak bisa di tahan. Menurut saya yg namanya otak masinormal tidak bisa untk melupakan semua dan hanya mengingat Allah saja setela saya rasakan bahwa kerja otak itu tanpa disuru lamunan atau bayangan itu muncul dg sendirinya jadi tidak bisa di paksakan dg tidak sengaja ingat anak istri ingat sajada ingat kantor sawah ladang smua masala yg sdang ku hadapi muncul dg sndirinya. Maka aku perna membanta pd orang itu. Pak diwaktu sholat disuru hanya mengingat Allah saja itu tidak bisa bahkan itu salah karna jika hanya mengingat Allah saja maka kita melupakan sarat rukunya sholat sdang sholat itu harus ingat hitungan rekaat ingat tahiyat ingat rukuk sujud dllnya. Maka di dalam sholat kita mala diwajibkan ingat bacaan sholat panjang pendeknya urutan ayatnya bah hitungan rekaat harus di ingat jika kita mengingat Allah saja maka itu namanya bukan sholat tapi memory lagi ngebleng. Maka menurut saya dlm sholat kita boleh mengingat yg lain asal kita slalu sdar dlm sholatnya contohnya Nabi Muhmmad ketika sholat smbil mengendng anaknya Dia ingat betol kalo lagi ngendog andai lupa maka anaknya akan terjatuh juga sering memper cepat sholat krna ada sesuatu dan banyak contoh2 lainya sperti mendengar makmum yg lagi baca surat Alquran coba cari sendiri contoh yg lain. Dan Allah tidak memerinta kita smpei segitunya dlm mengusukkan sholat.
Ada lagi yg berpendapat di waktu takbir pertama harus benar2 konsentrasi mengingat Allah saja meski satu dua tiga detik. Saya smpat bertanya pd orang itu. katanya dia bertanya langsung pd kiyai. Maka saya punya kesimpulan kiyai atau guru yg memberi jawapan seperti itu mengerti betol bahwa dlm sholat hati manusia benar2 tidak bisa di perinta untuk mengingat Allah saja karna lamunan bayangan itu tidak mungkin bisa untuk mengusirnya. jadi jawaban di atas tidak boleh di buat pedoman tapi itu hanya suatu cara untk masuk ke dlm sholat yg lbih khusuk. Bukan ber arti sholat orang yg melakukan seperti itu sholatnya sudah khusuk.
Ada lagi yg berpendapat jika ingin khusuk waktu takbir jangan hanya satu dua tiga kali bahkan lebih artinya harus di ulang2 agar bisa benar2 khusyuk. Wah ini aturan dari manaya saya belum sempat bertanya, juga blum mempelajarinya karna bagi saya itu sangat tidak etis bahkan menyalai aturan. Bayangkan aja msak imamnya baca Alfateha uda nyampek tengah2 dia masi sibuk takbiir saja sepertinya dia belum siap meng hadap Allah s.w.t. Padahal Nabi menyuru jika imam takbir maka takbirlah jika rukuk maka rukuklah dst. Jika belum siap sholat lbi baik gak usa sholat dulu daripada ragu2 karna merasa kurang kusuk diterima apa tidak suda khusuk apa belum ya shotatku,karna perbuatan yg meragukan tidak boleh dikerjakan tingalkan saja bisa2 sholat kamu tidak sah karna kamu dalam kadaan ragu2 apalagi itu juga tidak ada tuntunan dalam sholat.
jadi banyak pendapat para kiyai ulamak tentang sholat khusyu tapi belom tentu benar karena itu baru pendapat tidak ada dasar yg tegas dari agama karna memang tidak ada tuntunan yg detil tentang sholat yg khusyuk.
Sementara yg paling umum kebanyakan para ulamak dan para kiyai juga smua lapisan masarakat awam bahwa sholat yg khusyuk adalah bersunguh2 dlm melakukanya, tenang tidak tergesa2 tau arti yg sedang dibaca dg mengerti artinya maka lamunan bisa di perkecil jadi kita tidak banyak melamun. Dan masi banyak contoh lain yg intinya untuk menghilangkan lamunan meskipun smua itu tidak akan bisa menghilangkan lamunan tapi itu adala suatu cara yg paling baik dan saya juga setuju tapi biar kita tidak larut dalm masalah itu maka lebih baik kita tanya aja pd Al-quran saja agar bisa memahami sendiri dg akal normal kita. firman Allah Qs.4 An-Nisaa':43. Hai orang-orang yang beriman, Janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan MABUK, SEHINGGA KAMU MENGERTI APA YANG KAMU UCAPKAN...!. Mabuk disini mabuk yg sampai tidak terkontrol. Mungkin bisa mabuk apa saja yg bisa menyebakan akal kita ngebleng bisa2 salah dlm melafatkan ucapan bacaan sholat atau pelo gak jelas ucapanya dll maka di tegaskan lagi dlm surat lain yaitu celakalah orang yg sholat yaitu orang2 yg lalai dlm sholatnya. Dan lanjutan ayat 43 tadi menandakan selama kita masi kontrol atau masi sadar dlm sholat maka sholat kita tetap sah meski ada lamunan dlm sholat yg penting dlm kndisi sadar benar bahwa kita itu dlm kondisi mengerjakan sholat masih sadar akan bacaanya takbirnya rukuknya dll karna mustahil kita bisa menepis lamunan karna di saat brsamaan hati atau otak kita bisa memikirkan bermacam2 masala.
Meski sekeras apapun kita mencoba tidak akan bisa karna lamunan itu mengalir tanpa kita sadari darimana datangnya juga kita tidak akan perna tau, tau2 uda nylonong begitu saja. Maka yg bisa kita lakukan hanyala memper hambat menahan agar hayalan itu tidak menguasai sholat kita. Karna saya suda tanya pd para kiyai orang alim guru santri juga pda kebanyakan orang tapi semua jawabnya tidak bisa semua suda pada mencoba untuk tidak melamun pda waktu sholat tapi katanya lamunan itu tetap ada. Atau mungkin ada yg bisa karna di dunia ini tidak ada yg titak mungkin. Tapi jika ada yg bisa itu suatu keajaipan dari Allah tapi jika dipakai untuk sholat malah sholatnya tidaksah karna jika hanya mengingat Allah saja maka sarat rukunnya sholat terlupakan juga tidak ingat sujud rukuk juga lupa rekaatnya. Lebih cocok untk zikir nyepi semedi bertapa dll. ini ada contoh dari Alquran bahwa pd waktu sholat boleh memikirkan sesuatu. 2AL- BQARAH. 239. Jika kamu dalam Keadaan takut (bahaya), Maka Shalatlah sambil berjalan atau berkendaraan.... kita boleh ingat sesuatu asalkan tidak di sengaja yg tidak boleh adalah yg di sengaja misalnya pas menjalankan sholat sengaja memikirkan keluarganya yg lagi cerai berai dll. Tapi jika bayangan itu timbul dg sndirinya tidak apa2 tpi jangan biarkan wajib menepis sebisa mungkin. coba kamu cari sendir dlm Alquran atau hadis yg menyangkut bahwa diwaktu sholat boleh ingat sesuatu contohnya jika di depan kita ada brisan yg kosong kita dibolehkan berjalan untk mengisinya juga jika ada binatang sperti kalajengking kita boleh membunuhnya jika gatal boleh mengaruknya jadi smua itu menandakan lmunan dalam sholat itu tetap ada sekuat apapun untuk khusuk kamu pasti masi mendengar suara istri kamu anak kamu suara cecak kucing mobil klakson dan cari sendiri contoh2 lainya
dan untuk lbih lanjut baca surat Alquran yg berhubungan dg sholat di bawah ini untuk acuan bagaimana sebenarnya sholat itu. 20TAHA,132.Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.... 23ALMU'MNUN1.Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, 2. (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya, 9. Dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya. 10. Mereka Itulah orang-orang yang akan mewarisi, 11. (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. mereka kekal di dalamnya. dan saya tutup dg ayat 7.AL-A'RAAF. 29. Katakanlah: Tuhanku menyuruh menjalankan keadilan". dan (katakanlah): "Luruskanlah muka (diri)mu di Setiap sembahyang dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu kepada-Nya. sebagaimana Dia telah menciptakan kamu pada permulaan (demikian pulalah kamu akan kembali kepadaNya) Stela kita baca dg seksama maka saya mengambil kesimpulan bahwa ayat demi ayat menegaskan untuk mendirikan sholat dg sabar khusyu' tulus dan penuh ke ikhlasan maka sya mengambil keputusan di antara sholat kusyuk yg ku terangkan di atas ternyata aku mengambil kesimpulan entah salah atau benar yaitu yg dinamakan kusyuk dalam sholat ialah. 1 tidak ada unsur keterpaksaan. bukan karna ada mertua atau takut dg pacar atau karna ada pakyai atau guru maka dia baru semangat untk mengerjakan sholatnya 2 tanpa harus disuru. kadang masi bnyak orang sholat tapi karna di suruh 3 tidak bermalas malasan
4 slalu memperhatikan waktu sholat dg arti slalu ingin mengerjakan sholat tepat pd waktunya sperti seorang supir ya besok pagi jam,7 akan pergi antar rombogan maka supir tadi jauh salum brangkat sudah mempersiapkan segalanya untk keperluan dlm perjalanan beda dg sopir yg ngendawer sudah waktunya brangkat baru mempersiapkan bekal maka yg terjadi bnyak kendala simnya tertingal hp lupa blm di cas barang yg seharusnya dibawa slalu ketingalan ini contoh sholat yg tidak khusuk sperti contoh diatas imam suda hampir slesai baca Alfatiha dia masi sibuk baca takbir melulu, ini terjadi karna tidak ada persiapan sebelumnya. Secara akal belom sholat aja persipanya sudah matang apalagi dalam menjalankan sholat pasti di lakukan dg sepenuh jiwa penuh pengapdian tulus iklas rendah diri penuh ketaatan sabar dan tawakkal inilah menurut saya arti khusyuk yg sebenarnya yg di padukan dg dasar2 di atas. Dengan semua yg ku paparkan mungkin ada satu dua orang yg sependapat dg pedoman saya karna smua ini aku ambil semata2 keluar dari suara hatiku sendiri dg landasan Alquran bisa salah bisa benar saran saya ambilah yg menurut kamu benar dan yg kamu angap salah angap saja semua itu sampah buang saja sesuka hati kamu atau angap saja semua ini tidak perna ada.
penulis djuamin www.enzig5.wen.ru Kranji karya ilmiah untuk pribadi 11 04 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar